MENGAJAR “JAMAN NOW” BOOST LITERATION to Student
B
|
agaimana kecenderungan
anak dalam belajar saat ini, tidak dapat kita samakan dengan saat kita belajar
masa lampau. Ada gap terbesar dan perubahan revolusi yang melatarbelakangi hal
tersebut. Yang awal mula anak belajar membaca per huruf dan mengeja, mulai
berubah menjadi persuku kata hingga lebih cepat menuju
kata hingga terangkai kalimat. Kebiasaan yang awalnya membaca informasi dari
sebuah kertas bergeser kearah digital pada media elektronik book yang dapat
diakses melalui handphone.
Rasa
puas dalam mengajar adalah impian utama seorang guru, mereka akan puas saat
ditatap para siswanya, akan puas saat semua siswa memberikan umpan balik
positif materi yang diajarkan. Kenyamanan dalam mengajar memberikan efek
positif sendiri bagi guru yang tidak tergantikan oleh selembar uang dollar
sekalipun.
Tapi
apa daya saat yang ditatap seorang guru adalah hasil tes atau ulangan yang
buruk, rapor yang sangat banyak nilai dibawah kkm. Sudah wajib tugas guru untuk
mengetahui alas an tersebut. Salah satu penyebab utama dari banyaknya penurunan
nilai dalam pelajaran adalah tingkat membaca yang kurang, Kecanduan akan gadget
dan handphone yang menurunkan kualitas tingkat literasi siswa dalam materi
pelajaran yang diberikan para guru tersebut. Kita berada dalam
pertengahan perjalanan revolusi perubahan teknologi yang sangat cepat.
DISINILAH TUGAS KITA SEBAGAI GURU